Rabu, 22 Februari 2017

Penerapan Pemrograman Komputer Dalam Bidang Industri

                     Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar.
            Kemajuan industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan semikonduktor khususnya silicon. Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisinis. Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh sistem komputer.
            Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer.
A.   Bidang industri Otomotif
            Produksi mobil termasuk cabang industri terpenting. Satu dari tujuh tenaga kerja bekerja di industri mobil, sektor yang menyumbang 17 persen dari volume ekspor. Dengan keenam produsen VW, Audi, BMW, Daimler, Porsche dan Opel (General Motors). Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
            Sementara ini semua produsen mobil bekerja secara intensif untuk menghasilkan mesin yang ramah lingkungan, seperti generasi baru mesin diesel, motor hibrida dan elektrifikasi lebih jauh dari sistem penggerak. Di bidang industri, komputer digunakan untuk:
a.      Mengendalikan mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi.
b.      Bidang industri otomotif berfungsi untuk  melaksanakan tugas tertentu dalam jalur    perakitan  otomatis. Karena komputer memiliki kemampuan & ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.
c.      Bidang industri perfilman Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer.
d.      Bidang industri rekaman Untuk dapat menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam & modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun dibantu dengan sistem komputer.
B.    Bidang Industri Perfilman
1.     2 Dimensi
            Celluloid (konvensional)
            Teknik Celluloid (kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran transparan (plastik) yang tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan kamera khusus, yaitu multiplane camera di dalam ruangan yang serba hitam. Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
  • Pra-produksi:
    • Konsep,
    • Skenario,
    • Pembentukan karakter,
    • Storyboard,
    • Dubbing awal,
    • Musik dan sound FX
  • Produksi:
    • Lay out (Tata letak),
    • Key motion (Gerakan kunci/ inti),
    • In Between (Gambar yang menghubungkan antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
    • Clean Up (Membersihkan gambar dengan menjiplak)
    • Background (Gambar latar belakang),
    • Celluloid (Ditransfer keatas plastik transparan)
    • Coloring (Mewarnai dengan tinta dan cat).
  • Post-produksi:
    • Composite,
    • Camera Shooting (Gambar akan diambil dengan kamera, dengan mengambil frame demi frame),
    • Editing,
    • Rendering,
    • Pemindahan film kedalam roll film.
2.     3 DIMENSI
            Proses Produksi Animasi 3 Dimensi
            Proses pembuatan animasi 3 dimensi ini kebanyakan di kerjakan dengan komputer, sehingga proses pembuatannya cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama dan biaya yang mahal.
            Proses animasi ini sering di dominasi oleh negara amerika yang  banyak  menghasilkan industri animasi 3 dimensi yang berbeda dengan jepang yang lebih di dominasi dengan animasi 2 dimensi. Proses yang di kerjakan dalam pembuatan animasi 3 dimensi ini hampir sama dengan proses pembuatan animasi 2 dimensi.
Pra-produksi:
Ide Cerita,
Skenario/ Naskah Cerita,
Concept Art,
Storyboard,
Animatic Storyboard
Casting dan Recording,
Musik dan sound FX
Produksi:
Modeling 2D ke 3D (mulai dari karakter, background, accesories dll),
Pemberian tekstur pada karakter, background, accesories
Penganimasian (rigging, Skinning, dan animasi serta kamera)
Rendering
Pasca-produksi:
Composite,
Editing,  
Rendering,
Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.
Animasi dengan Motion Twening
Animation dengan Flash
C.   Bidang Industri Rekaman
            Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pemburningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.
D.   Bidang Industri
            Di bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC) pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan sebagainya.
            Selain industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip (microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat lain yang telah dikendalikan oleh komputer. Dalam bidang Industri teknologi informasi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
  1. Terjadinya industrialisasi*
  2. Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik pada aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi komputer di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
  3. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.
4.      Di bidang Industri, teknologi informasi sangat membantu dalam pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi  tersebut adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur komputer maupun (tele) komunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan.
5.      Industri yang telah mampu melakukan e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Mudahnya melakukan pemasangan iklan produk sebuah hasil industri
*industrialisasi adalah memajukan tenaga produktif menjadi lebih modern, dapat diakses secara massal, dan tinggi kualitas.

Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain :
Ø  Revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital,yang didalamnya ada konvergensi telekomunikasi, komputasi, dan multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti atau setidaknya meningkatkan kemampuan otak manusia.
Ø  Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan pada sebuah industri
Ø  Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar
Ø  Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
E.    Keberhasilan Penggunaan Komputer Dalam Bidang Industri
            Komputer telah merevolusi industri makanan dan minuman karena mereka telah hampir setiap industri lainnya. Komputer memiliki positif, efek yang terukur di ujung depan dan ujung belakang operasi perhotelan.. Sistem Komputer telah meningkatkan kinerja karyawan, dan kualitas makanan dan minuman dan konsistensi.  Dalam industri makanan dan minuman tidak ada lagi masalah teknologi yang harus digunakan, Dalam bisnis makanan dan minuman, komputer di sini untuk tinggal.
            Dalam industri perhotelan, layanan pelanggan merupakan faktor penting mutlak bagi keberhasilan.  Komputer membantu di daerah ini dalam beberapa cara. Di banyak restoran, staf menunggu dapat memproses berbagai bentuk pembayaran di meja tamu, yang memungkinkan tamu untuk berangkat langsung dari meja mereka tanpa perlu berhenti di sebuah stasiun checkout terpusat.  Ini telah dihapus baris sedap dipandang panjang, yang mengganggu pelanggan, dan mengganggu arus lalu lintas dalam bisnis makanan dan minuman. Layanan ini dimungkinkan baik oleh tangan kecil memegang komputer yang menangani transaksi kartu kredit menggunakan teknologi nirkabel, atau melalui titik yang jauh dari sistem penjualan yang berinteraksi dengan sistem komputer pusatHal ini meningkatkan pengalaman pelanggan bersantap, yang harus menjadi tujuan dari setiap usaha jasa makanan.
            Perhatian kunci dari setiap bisnis makanan dan minuman adalah profit margin. Di daerah ini penting bisnis, komputer juga telah terbukti menjadi alat yang sangat diperlukan. Sistem komputer membantu mengelola proses pelayanan makanan keseluruhan mulai dari pemesanan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi item menu, untuk peramalan jumlah item untuk mempersiapkan setiap periode makan didasarkan pada pola historis. Hal ini membantu mengurangi makanan terbuang, yang sangat mahal dan keluar dari laba usaha. Hal ini juga membantu dalam menyiapkan menu sebelum tangan, yang mengurangi waktu tunggu pelanggan. Komputer juga dapat memprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi volume bisnis yang akan diharapkan yang memungkinkan manajer untuk benar staf bisnis mereka. Hal ini penting karena memiliki staf terlalu banyak di tangan dapat mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak perlu dari gaji, dan tidak memiliki staf yang cukup di tangan akan menimbulkan masalah layanan pelanggan.
            Komputer juga digunakan dalam cara yang sangat inovatif dengan beberapa perusahaan makanan dan minuman. Sebagai contoh, Darden Restoran yang memiliki dan mengoperasikan lobster Red dan Olive Garden rantai menggunakan komputer untuk membantu memilih situs bangunan baru. Ini sistem komputer menggunakan program perangkat lunak disebut Darden Situs Analyzer. Perangkat lunak yang mengumpulkan informasi penting yang diperlukan untuk memilih sebuah situs, seperti demografi, jarak ke restoran lain dan informasi pelanggan yang spesifik untuk model bisnis Darden. Program ini kemudian menganalisis situs dan menyediakan serangkaian laporan untuk membantu Darden membuat keputusan akhir. Darden berencana untuk meningkatkan perangkat lunak sehingga dapat mengevaluasi hal-hal seperti apakah restoran Darden baru akan berpengaruh negatif Darden restoran lain di daerah yang sama.
            Sistem komputer telah menjadi bagian penting dari semua aspek dari industri makanan dan minuman, mereka membantu dengan keputusan pembelian, kontrol persediaan, penjadwalan dan pelatihan karyawan, dan akuisisi pelanggan dan retensi. Sebuah indikator utama dari tren ini adalah kenyataan bahwa banyak program pelatihan perhotelan sekarang termasuk kursus komputer dan teknologi dalam kurikulum.
            Setiap inovator tahun adalah menciptakan lebih cara yang unik bahwa teknologi bisa digunakan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman bersantap komersial. Computers make out of home dining a more enjoyable experience for the consumer and a more profitable manageable experience for business managers and owners. Komputer membuat keluar dari rumah makan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi konsumen dan pengalaman yang diatur lebih menguntungkan bagi para manajer dan pemilik bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar