Komputer
yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronika dan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan
tempat, sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar.
Kemajuan
industri komponen elektronika IC (integrated circuit) telah mendorong
terciptanya berbagai perangkat chip IC yang beragam dan mendukung
berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuan teknologi elektronika
tidak terlepas dari adanya kemajuan dibidang pengetahuan dan pengolahan bahan
semikonduktor khususnya silicon. Manfaat komputer saat ini cukup beragam mulai
sebagai alat bantu menulis, menggambar, mengedit foto, memutar video, memutar
lagu sampai analisis data hasil penelitian maupun untuk mengoperasikan
program-program penyelesaian problem-problem ilmiah, industri dan bisinis.
Dunia anak telah lama mengenal alat permainan game yang dikendalikan oleh
sistem komputer.
Selain
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang
tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh
komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip
(microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain
sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat
lain yang telah dikendalikan oleh komputer.
A.
Bidang industri Otomotif
Produksi
mobil termasuk cabang industri terpenting. Satu dari tujuh tenaga kerja bekerja
di industri mobil, sektor yang menyumbang 17 persen dari volume ekspor. Dengan
keenam produsen VW, Audi, BMW, Daimler, Porsche dan Opel (General Motors).
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik
dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
Sementara
ini semua produsen mobil bekerja secara intensif untuk menghasilkan mesin yang
ramah lingkungan, seperti generasi baru mesin diesel, motor hibrida dan
elektrifikasi lebih jauh dari sistem penggerak. Di bidang industri, komputer digunakan untuk:
a.
Mengendalikan
mesin-mesin produksi dengan kecepatan tinggi.
b.
Bidang industri
otomotif berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu dalam
jalur perakitan otomatis. Karena komputer memiliki
kemampuan & ketelitian yang tinggi, serta dapat digunakan secara otomatis.
c.
Bidang industri
perfilman Semua efek-efek di dunia akting, animasi, dan penyuntingan adegan
film semua direkam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan
komputer.
d.
Bidang industri
rekaman Untuk dapat menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam
& modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunya pun
dibantu dengan sistem komputer.
B.
Bidang
Industri Perfilman
1.
2
Dimensi
Celluloid (konvensional)
Teknik
Celluloid (kadang-kadang disebut menjadi cell) ini merupakan
teknik mendasar dalam pembuatan film animasi klasik. Setelah gambar mejadi
sebuah rangkaian gerakan maka gambar tersebut akan ditransfer keatas lembaran
transparan (plastik) yang tembus pandang/ sel (cell) dan diwarnai oleh Ink
and Paint Departement. Setelah selesai film tersebut akan direkam dengan
kamera khusus, yaitu multiplane camera di dalam ruangan yang serba
hitam. Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar
belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background)
dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat
menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.
- Pra-produksi:
- Konsep,
- Skenario,
- Pembentukan
karakter,
- Storyboard,
- Dubbing
awal,
- Musik
dan sound FX
- Produksi:
- Lay
out (Tata letak),
- Key
motion (Gerakan kunci/ inti),
- In
Between (Gambar yang menghubungkan
antara gambar inti ke gambar inti yang lain)
- Clean
Up (Membersihkan gambar dengan
menjiplak)
- Background
(Gambar latar belakang),
- Celluloid
(Ditransfer keatas plastik transparan)
- Coloring
(Mewarnai dengan tinta dan cat).
- Post-produksi:
- Composite,
- Camera
Shooting (Gambar akan diambil dengan
kamera, dengan mengambil frame demi frame),
- Editing,
- Rendering,
- Pemindahan
film kedalam roll film.
2.
3 DIMENSI
Proses Produksi Animasi 3
Dimensi
Proses
pembuatan animasi 3 dimensi ini kebanyakan di kerjakan dengan komputer,
sehingga proses pembuatannya cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama dan
biaya yang mahal.
Proses
animasi ini sering di dominasi oleh negara amerika yang banyak
menghasilkan industri animasi 3 dimensi yang berbeda dengan jepang yang lebih
di dominasi dengan animasi 2 dimensi. Proses yang di kerjakan dalam pembuatan
animasi 3 dimensi ini hampir sama dengan proses pembuatan animasi 2 dimensi.
Pra-produksi:
Ide Cerita,
Skenario/ Naskah
Cerita,
Concept Art,
Storyboard,
Animatic Storyboard
Casting dan Recording,
Musik dan sound FX
Produksi:
Modeling 2D ke 3D (mulai dari karakter, background, accesories dll),
Pemberian tekstur pada karakter, background, accesories
Penganimasian (rigging, Skinning, dan animasi serta kamera)
Rendering
Pasca-produksi:
Composite,
Editing,
Rendering,
Pemindahan film kedalam berbagai media
berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya.
Animasi dengan Motion Twening
Animation dengan Flash
C.
Bidang
Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang
bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer,
serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak
album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses
pemburningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas
sangat tinggi.
D.
Bidang Industri
Di
bidang industri, komputer telah digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya Computer Numerical Control (CNC)
pengawasan numerik atau perhitungan, Computer Aided Manufacture (CAM), Computer
Aided Design (CAD), yaitu industri untuk merancang bentuk (desain) sebuah
produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik. Misalkan sebuah
mesin serbaguna dalam industri logam sehingga dapat kita jumpai berbagai produk
industri logam yang bervariasi dan jika dibayangkan dikerjakan secara manual
akan sangat sulit dikerjakan. Banyak pula industri garmen yang dilengkapi
dengan kendali komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat bordir, dan
sebagainya.
Selain
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang
tidak mungkin dikerjakan oleh manusia. Contohnya tangan robot dikendalikan oleh
komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip
(microprosesor) pada motherboard komputer, memasang komponen-komponen pada
perangkat elektronik seperti televisi, radio/tape, vcd/dvd player, dan lain
sebagainya. Bahkan untuk merakit kendaraan, mobil, motor, atau alat-alat berat
lain yang telah dikendalikan oleh komputer. Dalam bidang Industri teknologi
informasi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan
manfaat positifnya antara lain:
- Terjadinya
industrialisasi*
- Produktifitas
dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik pada aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi. Di masa depan, dampak perkembangan
teknologi komputer di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda
telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang
memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan
pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera
individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi
ke toko.
- Sifat
konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan
juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.
4.
Di bidang Industri, teknologi informasi sangat membantu
dalam pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran,
dan penyajian informasi. Tercakup dalam definisi teknologi tersebut
adalah semua perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi, dan infrastruktur
komputer maupun (tele) komunikasinya. Ia tidak terbatas pada hal-hal seperti
proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras, bahasa
program , atau data konstruksi. Beberapa tugas yang TI lakukan dalam bidang
Industri termasuk didalamnya manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras
komputer, database, desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi
sistem secara keseluruhan.
5.
Industri yang telah mampu melakukan e-commerce
dapat
mempermudah transaksi-traansaksi
bisnis suatu perusahaan atau perorangan. Mudahnya melakukan pemasangan iklan
produk sebuah hasil industri
*industrialisasi adalah memajukan
tenaga produktif menjadi lebih modern, dapat diakses secara massal, dan tinggi
kualitas.
Meskipun demikian ada pula dampak
negatifnya antara lain :
Ø Revolusi
industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia maka teknologi
informasi ini telah menciptakan sebuah revolusi digital,yang didalamnya ada
konvergensi telekomunikasi, komputasi, dan multimedia terjadi melalui
implementasi teknologi digital dan menciptakan mesin-mesin yang mengganti atau
setidaknya meningkatkan kemampuan otak manusia.
Ø Mudahnya terjadi cyber crime terhadap jaringan pada
sebuah industri
Ø Dapat terjadinya pembobolan rekening perusahaan, yang
dapat menimbulkan kerugian finansial yang besar
Ø Terjadinya
pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai
dengan yang dibutuhkan
E.
Keberhasilan Penggunaan Komputer Dalam
Bidang Industri
Komputer
telah merevolusi industri makanan dan minuman karena mereka telah hampir setiap
industri lainnya. Komputer memiliki positif, efek yang terukur di ujung depan
dan ujung belakang operasi perhotelan.. Sistem Komputer telah meningkatkan
kinerja karyawan, dan kualitas makanan dan minuman dan konsistensi. Dalam
industri makanan dan minuman tidak ada lagi masalah teknologi yang harus
digunakan, Dalam bisnis makanan dan minuman, komputer di sini untuk tinggal.
Dalam
industri perhotelan, layanan pelanggan merupakan faktor penting mutlak bagi
keberhasilan. Komputer membantu di daerah ini dalam beberapa cara. Di
banyak restoran, staf menunggu dapat memproses berbagai bentuk pembayaran di
meja tamu, yang memungkinkan tamu untuk berangkat langsung dari meja mereka
tanpa perlu berhenti di sebuah stasiun checkout terpusat. Ini telah
dihapus baris sedap dipandang panjang, yang mengganggu pelanggan, dan
mengganggu arus lalu lintas dalam bisnis makanan dan minuman. Layanan ini
dimungkinkan baik oleh tangan kecil memegang komputer yang menangani transaksi
kartu kredit menggunakan teknologi nirkabel, atau melalui titik yang jauh dari
sistem penjualan yang berinteraksi dengan sistem komputer pusatHal ini meningkatkan
pengalaman pelanggan bersantap, yang harus menjadi tujuan dari setiap usaha
jasa makanan.
Perhatian
kunci dari setiap bisnis makanan dan minuman adalah profit margin. Di daerah
ini penting bisnis, komputer juga telah terbukti menjadi alat yang sangat
diperlukan. Sistem komputer membantu mengelola proses pelayanan makanan
keseluruhan mulai dari pemesanan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi item
menu, untuk peramalan jumlah item untuk mempersiapkan setiap periode makan
didasarkan pada pola historis. Hal ini membantu mengurangi makanan terbuang,
yang sangat mahal dan keluar dari laba usaha. Hal ini juga membantu dalam
menyiapkan menu sebelum tangan, yang mengurangi waktu tunggu pelanggan.
Komputer juga dapat memprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi volume
bisnis yang akan diharapkan yang memungkinkan manajer untuk benar staf bisnis
mereka. Hal ini penting karena memiliki staf terlalu banyak di tangan dapat
mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak perlu dari gaji, dan tidak memiliki staf
yang cukup di tangan akan menimbulkan masalah layanan pelanggan.
Komputer
juga digunakan dalam cara yang sangat inovatif dengan beberapa perusahaan
makanan dan minuman. Sebagai contoh, Darden Restoran yang memiliki dan
mengoperasikan lobster Red dan Olive Garden rantai menggunakan komputer untuk
membantu memilih situs bangunan baru. Ini sistem komputer menggunakan program
perangkat lunak disebut Darden Situs Analyzer. Perangkat lunak yang
mengumpulkan informasi penting yang diperlukan untuk memilih sebuah situs, seperti
demografi, jarak ke restoran lain dan informasi pelanggan yang spesifik untuk
model bisnis Darden. Program ini kemudian menganalisis situs dan menyediakan
serangkaian laporan untuk membantu Darden membuat keputusan akhir. Darden
berencana untuk meningkatkan perangkat lunak sehingga dapat mengevaluasi
hal-hal seperti apakah restoran Darden baru akan berpengaruh negatif Darden
restoran lain di daerah yang sama.
Sistem
komputer telah menjadi bagian penting dari semua aspek dari industri makanan
dan minuman, mereka membantu dengan keputusan pembelian, kontrol persediaan,
penjadwalan dan pelatihan karyawan, dan akuisisi pelanggan dan retensi. Sebuah
indikator utama dari tren ini adalah kenyataan bahwa banyak program pelatihan
perhotelan sekarang termasuk kursus komputer dan teknologi dalam kurikulum.
Setiap
inovator tahun adalah menciptakan lebih cara yang unik bahwa teknologi bisa
digunakan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman bersantap komersial.
Computers make out of home dining a more enjoyable experience for the consumer
and a more profitable manageable experience for business managers and owners.
Komputer membuat keluar dari rumah makan pengalaman yang lebih menyenangkan
bagi konsumen dan pengalaman yang diatur lebih menguntungkan bagi para manajer
dan pemilik bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar